Trip Report : The Grand Tour Part 3 (Lion Air Bandung-Kualanamu, ARS Railink Kualanamu-Medan)
Pukul 08.30 langsunglah berangkat ke bandara pakai mobil jemputan...... Untung gak macet, sebentar saja sudah sampai.... dan sudah pula check in di rumah....... Masalah Check in? Kali ini Lion Air menang, coba aja klu KAI bisa check in di rumah andaikan sistem Check In sudah diterapin disemua stasiun.... Pasti enak kyk naik Lion Air ini...... Berangkat mepet gak masalah.... Asal jangan disuruh ngeprint lagi kyk Lion Air yaaaa...... Sekali ngeprint dirumah ya udah langsung cusss ke meja pemeriksaan tiket.....
Dan ini dia interior dari New Husein Sastranegara Airport.... Kesan Pertama? WOW!!! Andaikan pak Ridhwan Kamil mau ngerombak Sta. Bandung jadi sewow ini (apalagi mesti Sta. Bandung jadi tempat buat iklannya KAI) pasti jadi lebih nyaman... Malah lebih bagus ini dibandingin bandara sebelah yg digadang2 sebagus Changi tapi nyatanya jelek pollll klu kata forum sebelah (FYI, yg ngedesain bandara baru ini pak RK sendiri lho....)
Oke, pukul 09.30 saatnya boarding.... Langsung deh cusss kedalam pesawat... Seperti apa ya kursinya Lion Air saat ini? Terakhir naik Lion tahun 2014 soalnya... ke UPG.... di apron BDO
Kalau kata orang2 forum sebelah yg mbahas pesawat, ini namanya foto wajib...
Oke, ini detail perjalanannya....
Airline : Lion Air
Rute : Bandung Husein Sastranegara (BDO) – Medan Kualanamu (KNO)
No Penerbangan : JT-911
Kelas : Ekonomi LCC
ETD : 10:15
ATD : 10:25 (dihitung pas TO)
ETA : 12:35
ATA : 12:24 (dihitung pas landing)
Scheduled Flight Time : 2:20 jam
Actual Flight Time : 2:00 jam
Equipment : Boeing 737-800
Rego : PK-LOI
Interiornya.... Andaikan K1 Argo Bromo Anggrek kyk gini dan gak ada lampu yg super duper terang kyk aquarium itu....
Seatpitch... Prefer KA kemana2......... yg ini sempiiiiiiiiiittttttttttttttttttttttttttttttttt
Termasuk kursinyaa... Kerasnya? OUCHHHHHHHHHH....... Mending K1 0 64 16nya Lodaya kemana2 dehhhhhhhhhh......... Yg ini kerasnya mirip2 K1 0 66 15 SDT Turangga kaca pesawat (Atau RF biasa nyebutnya Turanzonk) ituuuuuuuuuu...... Klu disuruh naik Lion lebih dari 4 jam? NO (mending bayar lebih buat minimal dapet Sriwijaya Air/Batik/Citilink. No Promosi yaaaa), Bahkan naik Turangga dapet Turanzonk meskipun dapetnya di KA jarak dekat macam Argo Parahyangan tambahan Turangga atau Sancaka emoh kok, mending ambil Sancaka yang Ekonomi atau naik Ranggajati Bisnis/eksenya yang lebih nyaman
Minum HSD dulu, eh avtur maksudnya dulu yaaaa......
Overhead bin sudah ditutup dan menunggu orang... dan katanya banyak yg salah pesawat gara2 di BDO ada 2 Lion yg berjejeran... satunya ke Balikpapan
Lampu dan langit2..... Andaikan K1 2016 keatas pakai kyk gini jugaaaa....
Oke, pukul 10.15 sudah pushback dan HP masuk flightmode biar bisa foto2 dan ndengerin musik...... dan akhirnya pukul 10.25 takeoff juga.....
Akhirnya takeoff juga.....
Jalan mana ya iniiii....
Kalau mata anda jeli, pasti bisa lihat rel Double Track petak Cicalengka-Padalarang
Tol Cipularang
Menjauh....
Oke, lampu tanda sabuk pengaman dimatikan..... dan saatnya ndengerin laguuuuu
Cruising.... Oh iya, klu masalah makanan mendingan Reska deh....... Soalnya di Lion gak jual makanan berat....... adanya snack
Safety Card, Harusnya di setiap kursi KA dikasih ginian, Cuma klu di KA ya paling keselamatan saat darurat, letak meja, letak tombol darurat pintu auto, cara mengoperasikan pintu auto, dll....
Pemandangan diatas....
Oke, tidak terasa pukul 12.09 sudah persiapan landing dan lampu sabuk pengaman sudah nyala.... Sudah dekat KNO....
Touchdown 12.24..... Tumben landingnya Lion gak hard landing........ tergolong mulus sih.....
Barisan Singa Merah
Oke, pukul 12.33 sudah on block gate, saatnya keluar..........
Jalanan di sekitar airside....
Lion Air lagi.....
Garuda Indonesia
Air Asia
Liftnya di KNO.... Didesain sedemikian rupa tapi gak norak
Turun....
Jalan lagi....
Bagagge claim..... karena ane gak ada bagasi, jadi langsung terus keluar
Keluar....
Nah, katanya sih klu Railfans gak naik KA itu gak afdol.... Oke, biar sempurna kita nyobain KA Bandara...... Harga Tiket? 100rb saja..... Ini dia stasiunnya...
Monitor jadwal KA
Tiketnya.... yg bawah kyk Thermal Lokalan, yg atas itu buat bypass gate otomatisnya
Ruang tunggu.... andaikan St. Gambir nyaman kyk gini dikasih AC....
Oke, pukul 13.00 saatnya masuk KA.... masukkan dulu kartunya kedalam mesin ini...
Dan ini peronnya.... Mbayangin klu KA Bandara CGK jadi terus........ Argo Jati, Tegal Bahari, Cirebon Express, Argo Parahyangan, Purwojaya diperpanjang sampai sini.....
Masuk... pintunya masih pneumatic....
Ahh... sudah duduk di dalam KA.....
Oh iya, ini detail perjalanannya....
KA : ARS Kualanamu
Rute : Kualanamu (KNO) – Medan (MDN)
No KA : U19
Kelas : KA Bandara (entah.... soalnya di plat serinya pake kode K1)
ETD : 13.10
ATD : 13.10
ETA : 13.53
ATA : 13:55 (gara2 nungguin U24 di Araskabu)
Ane dapet disini.... K1 2 13 11, ACnya dingin.....
Interior keseluruhan. Kursinya empuk sangaaaaatttttttttttttttt
Kacanya..... ZONK...... soalnya distikerin iklan
Pukul 13.10 akhirnya berangkat... Dan curiga banget kok jalannya pelan banget.... Eh ternyata.... berhenti di Araskabu dulu untuk bersilang dengan KA U24....
Berangkat KNO
Pemandangan sepanjang jalan
Kecepatan petak Araskabu-MDN.... Taspatnya tambah dong biar lebih cepet... Masalah guncangan NIKMAT BANGET kyk naik Argo Bromo Anggrek... Cuma... agak berisik aja.....
Approaching MDN
Pukul 13.55 akhirnya sampai di Medan.... Disambut dengan K2 MDN....
Naik dulu.....
K2 again...
Keluar bentar akhirnya sudah nemu taksi..... langsung deh ke hotel.... Stasiun KA Bandara
Dan yg ini Sta. MDN reguler.... Terlihat ada spanduk yg pake foto interiornya K1 Argo Jati Lama alias K1 0 10 xx :ha ha ha:
Oke, kita review hasilnya...
AC : 4,5/5 (Standar)
Kursi : 4/5 (OKE PUNYA)
Speaker Announcement: 4.5/5 (Keras Banget)
Kebersihan : 4.5/5 (Very clean.......)
Kondisi : 5/5 (Bersih dan oke, Bogie masih oke dan empuk banget... mirip2 K9 bogienya)
Nilai : 4,5/5 (Perfect)
PERKA :
KNO 1310
Araskabu 1317-2327 X U24
Batangkuis ls 1337
Bandar Kalipah ls 1343
MDN 1355
Dan ini dia interior dari New Husein Sastranegara Airport.... Kesan Pertama? WOW!!! Andaikan pak Ridhwan Kamil mau ngerombak Sta. Bandung jadi sewow ini (apalagi mesti Sta. Bandung jadi tempat buat iklannya KAI) pasti jadi lebih nyaman... Malah lebih bagus ini dibandingin bandara sebelah yg digadang2 sebagus Changi tapi nyatanya jelek pollll klu kata forum sebelah (FYI, yg ngedesain bandara baru ini pak RK sendiri lho....)
Oke, pukul 09.30 saatnya boarding.... Langsung deh cusss kedalam pesawat... Seperti apa ya kursinya Lion Air saat ini? Terakhir naik Lion tahun 2014 soalnya... ke UPG.... di apron BDO
Kalau kata orang2 forum sebelah yg mbahas pesawat, ini namanya foto wajib...
Oke, ini detail perjalanannya....
Airline : Lion Air
Rute : Bandung Husein Sastranegara (BDO) – Medan Kualanamu (KNO)
No Penerbangan : JT-911
Kelas : Ekonomi LCC
ETD : 10:15
ATD : 10:25 (dihitung pas TO)
ETA : 12:35
ATA : 12:24 (dihitung pas landing)
Scheduled Flight Time : 2:20 jam
Actual Flight Time : 2:00 jam
Equipment : Boeing 737-800
Rego : PK-LOI
Interiornya.... Andaikan K1 Argo Bromo Anggrek kyk gini dan gak ada lampu yg super duper terang kyk aquarium itu....
Seatpitch... Prefer KA kemana2......... yg ini sempiiiiiiiiiittttttttttttttttttttttttttttttttt
Termasuk kursinyaa... Kerasnya? OUCHHHHHHHHHH....... Mending K1 0 64 16nya Lodaya kemana2 dehhhhhhhhhh......... Yg ini kerasnya mirip2 K1 0 66 15 SDT Turangga kaca pesawat (Atau RF biasa nyebutnya Turanzonk) ituuuuuuuuuu...... Klu disuruh naik Lion lebih dari 4 jam? NO (mending bayar lebih buat minimal dapet Sriwijaya Air/Batik/Citilink. No Promosi yaaaa), Bahkan naik Turangga dapet Turanzonk meskipun dapetnya di KA jarak dekat macam Argo Parahyangan tambahan Turangga atau Sancaka emoh kok, mending ambil Sancaka yang Ekonomi atau naik Ranggajati Bisnis/eksenya yang lebih nyaman
Minum HSD dulu, eh avtur maksudnya dulu yaaaa......
Overhead bin sudah ditutup dan menunggu orang... dan katanya banyak yg salah pesawat gara2 di BDO ada 2 Lion yg berjejeran... satunya ke Balikpapan
Lampu dan langit2..... Andaikan K1 2016 keatas pakai kyk gini jugaaaa....
Oke, pukul 10.15 sudah pushback dan HP masuk flightmode biar bisa foto2 dan ndengerin musik...... dan akhirnya pukul 10.25 takeoff juga.....
Akhirnya takeoff juga.....
Jalan mana ya iniiii....
Kalau mata anda jeli, pasti bisa lihat rel Double Track petak Cicalengka-Padalarang
Tol Cipularang
Menjauh....
Oke, lampu tanda sabuk pengaman dimatikan..... dan saatnya ndengerin laguuuuu
Cruising.... Oh iya, klu masalah makanan mendingan Reska deh....... Soalnya di Lion gak jual makanan berat....... adanya snack
Safety Card, Harusnya di setiap kursi KA dikasih ginian, Cuma klu di KA ya paling keselamatan saat darurat, letak meja, letak tombol darurat pintu auto, cara mengoperasikan pintu auto, dll....
Pemandangan diatas....
Oke, tidak terasa pukul 12.09 sudah persiapan landing dan lampu sabuk pengaman sudah nyala.... Sudah dekat KNO....
Touchdown 12.24..... Tumben landingnya Lion gak hard landing........ tergolong mulus sih.....
Barisan Singa Merah
Oke, pukul 12.33 sudah on block gate, saatnya keluar..........
Jalanan di sekitar airside....
Lion Air lagi.....
Garuda Indonesia
Air Asia
Liftnya di KNO.... Didesain sedemikian rupa tapi gak norak
Turun....
Jalan lagi....
Bagagge claim..... karena ane gak ada bagasi, jadi langsung terus keluar
Keluar....
Nah, katanya sih klu Railfans gak naik KA itu gak afdol.... Oke, biar sempurna kita nyobain KA Bandara...... Harga Tiket? 100rb saja..... Ini dia stasiunnya...
Monitor jadwal KA
Tiketnya.... yg bawah kyk Thermal Lokalan, yg atas itu buat bypass gate otomatisnya
Ruang tunggu.... andaikan St. Gambir nyaman kyk gini dikasih AC....
Oke, pukul 13.00 saatnya masuk KA.... masukkan dulu kartunya kedalam mesin ini...
Dan ini peronnya.... Mbayangin klu KA Bandara CGK jadi terus........ Argo Jati, Tegal Bahari, Cirebon Express, Argo Parahyangan, Purwojaya diperpanjang sampai sini.....
Masuk... pintunya masih pneumatic....
Ahh... sudah duduk di dalam KA.....
Oh iya, ini detail perjalanannya....
KA : ARS Kualanamu
Rute : Kualanamu (KNO) – Medan (MDN)
No KA : U19
Kelas : KA Bandara (entah.... soalnya di plat serinya pake kode K1)
ETD : 13.10
ATD : 13.10
ETA : 13.53
ATA : 13:55 (gara2 nungguin U24 di Araskabu)
Ane dapet disini.... K1 2 13 11, ACnya dingin.....
Interior keseluruhan. Kursinya empuk sangaaaaatttttttttttttttt
Kacanya..... ZONK...... soalnya distikerin iklan
Pukul 13.10 akhirnya berangkat... Dan curiga banget kok jalannya pelan banget.... Eh ternyata.... berhenti di Araskabu dulu untuk bersilang dengan KA U24....
Berangkat KNO
Pemandangan sepanjang jalan
Kecepatan petak Araskabu-MDN.... Taspatnya tambah dong biar lebih cepet... Masalah guncangan NIKMAT BANGET kyk naik Argo Bromo Anggrek... Cuma... agak berisik aja.....
Approaching MDN
Pukul 13.55 akhirnya sampai di Medan.... Disambut dengan K2 MDN....
Naik dulu.....
K2 again...
Keluar bentar akhirnya sudah nemu taksi..... langsung deh ke hotel.... Stasiun KA Bandara
Dan yg ini Sta. MDN reguler.... Terlihat ada spanduk yg pake foto interiornya K1 Argo Jati Lama alias K1 0 10 xx :ha ha ha:
Oke, kita review hasilnya...
AC : 4,5/5 (Standar)
Kursi : 4/5 (OKE PUNYA)
Speaker Announcement: 4.5/5 (Keras Banget)
Kebersihan : 4.5/5 (Very clean.......)
Kondisi : 5/5 (Bersih dan oke, Bogie masih oke dan empuk banget... mirip2 K9 bogienya)
Nilai : 4,5/5 (Perfect)
PERKA :
KNO 1310
Araskabu 1317-2327 X U24
Batangkuis ls 1337
Bandar Kalipah ls 1343
MDN 1355
List dari The Grand Tour :
Argo Wilis Surabaya Gubeng-Yogyakarta
Review Hotel Mutiara Malioboro
Candi Borobudur dan Jalan-Jalan
Goa Pindul dan Pantai Indrayanti dan Malioboro at Night
Review Hotel Mutiara Malioboro
Candi Borobudur dan Jalan-Jalan
Goa Pindul dan Pantai Indrayanti dan Malioboro at Night
Komentar
Posting Komentar