Review Laptop : MSI GP62M

Yap, kali ini ane mau ngereview laptop kesayangan ane yang baru ane beli, yaitu adalah MSI GP62M. Mungkin klu agak familiar sama kata2 Taksaka GP. Maksudnya apa? Yap, nanti ane jelasin dibawah kenapa laptop ini sampai punya nickname Taksaka GP :D

Mari kita lanjut dulu reviewnya.....

Oke, kenapa ane ngelirik laptop ini? Oke ini penjelasannya....

1. Karena ane udah kena virus MSI dari temen2 kuliah dan udah diracuni terus sama laptop ini......... Banyak ada yang pakai seri GP, GL, Prestige, dan bahkan seri GE yang harganya udah diatas 20jt pun ada........ Okedeh akhirnya mulai tertarik oleh laptop ini (Disamping laptop ThinkPad yang emang badak kyk tank tapi itu beda peruntukan...... klu ThinkPad fokus ke bisnis yang punya daya tahan lebih panjang dan lebih ke professional sedangkan MSI ini macem2. kalau seri G dan W adalah seri high perfomancenya mereka, kalau G adalah Gaming dan W adalah Workstation. Dan ada juga seri Prestige yang sepertinya speknya mirip2 GP series cuma speaker sudah Dynaaudio yang which is.... katanya bagus dan warna laptopnya menjadi full silver (MSI G series hitam). Tapi seri Prestige punya keakuratan layar yang nyaris sempurna (meskipun denger2 seri GP/GL62M sudah pakai layar yang katanya sama persis kayak seri Prestige)
2. Keyboardnya SUNGGUH ISTIMEWA. Keyboard laptop ini dibuat oleh Steelseries yang which is...... itu produsen keyboard ternama untuk para gamer. At least ini keyboard jauh lebih enak buat ukuran laptop mainstream dan gaming
3. Meskipun 15", spek high perfomance ibaratnya kayak Pajero Dakar VGT, bobotnya ringannnnnnn....... cuma 2,2kg! Gimana gak tertarik? (Thanks to Nerd Reviews di Youtube yang ngereview GL62M yang speknya mirip2 lah sama GP62M) Meskipun optical drive disunat tapi gak masalah lah
4. Harganya terjangkau. Iya sih ada Asus GL553VD baru masuk tapi kalau mau cari yang ringan2 laptop ini bisa dipertimbangkan (Asus GL553VD kalau gak salah beratnya lebih dari 2,5kg. Wajar gara2 ada optical drivenya)

Oke kita mulai reviewnya..........

Laptop ini ane beli seharga Rp.15.400.000 pada akhir Maret 2017. Which is pada harga tersebut terdapat 2 opsi. Mau RAM DDR 4 8GB + Win 10 Home, atau RAM DDR 4 16GB + DOS. Karena ane udah punya lisensi Windows 10 Education dari ITS, maka ane sikat yang DOS. Perlu diketahui ane ngambil di MSI Store Surabaya, ada di Hi Tech Mall (THR) Lt. Ground (depannya toko ROG) dan RAM yang digunakkan untuk nambah pakai merek Team. Harga segitu sudah bonus mouse dan mousepad

Seperti beginilah kondisi laptop ane dibongkar oleh teknisi dari MSI Store. Perlu diingat, yang paling gak suka dari laptop ini adalah seal garansinya yang nutupi lubang mur. Jadi kalau mau upgrade2 lebih baik ke servis center MSI atau MSI Store resmi yaaaaaaa........... biar gak void garansinya. BTW wajar aja klu ngegame gak panas... orang heatsinknya banyak banget dan kipasnya dua.... :)



Dan sebagai catatan laptop ini punya plastik bawah yang tipis, so handle with care yaaaaaaaaaaa

Dan ini saat proses pemasangan protector. Ane kena 235rb itu sudah protector luardalam plus bonus touchpad. Aslinya ditawarin keyboard namun ane udah dapat dari MSInya sendiri. Oh iya, kalau punya uang lebih hukumnya wajib ya pasang protector full.... soalnya materialnya bener2 bikin fingerprint magnet kalau tangan lagi berminyak dan berkeringat


Kenapa ane namain Taksaka GP? Nah, karena KA Taksaka jurusan Jakarta Gambir - Yogyakarta Tugu itu diambil dari nama dari seekor ular besar/naga dalam cerita Mahabharata yang baik hati dan pengayom. Sedangkan logo dari MSI G Series ini adalah naga, so ya wajar aja nickname dari lappie ini adalah Taksaka. sedangkan GP ngambil dari seri dari laptop ane, yaitu GP62M (Mungkin klu ane ambil seri GT72 namanya jadi Taksaka GT yah :D )

Ini speknya yang ane review:
Intel Core i7 7700HQ 2.8Ghz (Turbo boost 3,8Ghz), DOS, HDD 1 TB by HGST + 128GB SSD by Transcend, nVIDIA Geforce GTX 1050M 2GB, Dual fan, 15" Full HD screen, Keyboard by Steelseries, RAM DDR4 16GB (8GB bawaan by Kingston, 8GB tambahan by Team)

Setelah pulang kerumah, Langsung deh ane unboxing. Ini dia foto dari isi kelengkapannya

Yang ini kardus bawaan sekaligus bonus mouse dan 2 LCD Cleaner. 1 bonus dari Hi Tech mall (sekaligus mug karena pembelanjaan diatas 1jt tapi gak kefoto) dan 1 dari tempat pasang protector. Sayang ane lupa nama tokonya



Begitu dibuka, WOW. Sudah kerasa aroma kepingin kebelet cepet2 ngegame pakai lappie ini.....


Isi dari kelengkapannya. Dapet Keyboard protector, leaflet tentang driver, CD driver (useless karena MSI udah ngasih partisi driver), alas mouse, apdator. Oh iya, laptop ini gak perlu dicharge pertama kali dengan waktu yang lama ya....... Karena kata orang MSInya laptop ini tidak perlu dicharge lama dan batterai akan otomatis cut-off jika sudah tercapai 90% kapasitasnya. Jadi wajar aja klu gak pernah bisa sampai 100% batterainya dan tidak masalah untuk dicolok apdator terus. Namanya laptop gaming (Note : Perlu diingat jika menginstall Windows 10 harus yang Anniversary Editon ya, karena jika tidak driver nVIDIA tidak akan terinstall)


Dan untuk pertama kali dibuka dari dus, jangan kaget kalau laptop tidak bisa dinyalakan. Untuk pertama kali dinyalakan untuk cek barang dari toko, laptop harus dicolok dulu. Emang dari MSInya begitu. Tentunya MSI Store Surabaya ngasih garansi retur 3x24 jam disamping garansi 2 tahun dari MSInya

Oke, laptop sudah dibuka. Oh iya, sticker Argo Wilisnya nytiker sendiri ya........ bukan dari MSInya :D



Setelah dinyalakan..... dan ada Rizky Febian menyanyi disitu



Oke, karena ane gak punya software benchmark Professional jadi langsung ane kasih SS games yang ada cap FPSnya disamping ya. Ane pakai FRAPS dan sayangnya FRAPS cuma ngelimit jadi 50 FPS :(

Ini pas ane main GTA 5. Stabil diantara 45-60 FPS. Settingannya ane pakai ini : 1920x1080 High (Advanced Graphics Off) 8xAF 2xMSAA + FXAA. Sesuai setting test dari notebookcheck.net (NOTE : Iklan SPOJ di taksi ane edit sendiri ya......... maklum banyak gambar gituannya, soalnya kalau sepupu datang laptop suka dipakai main GTA sama anaknya :) ). Game lain yang sudah pernah dites adalah NFS Rivals dan bisa njalanin mentok kanan dengan lancarrrr








Bagaimana dengan perfoma diluar gaming? Oke, Untuk render video pakai software Cyberlink PowerDirector 15, untuk video 720p, durasi 16 menit, bisa memakan waktu 3 menit 43 detik. Asalkan laptop harus colok listrik. Karena jika tidak colok listrik, kecepatan laptop akan dilimit hingga 1,3Ghz (berdasarkan pantauan di Windows Task Manager). Oke sih buat browsing2, office ringan, nonton film dan dengerin musik. Tapi kalau buat ngegame dan render...... wajib colok listrik

Untuk keyboard sudah dijelaskan. Maknyusssssssssss, maklum steel series meskipun single color. Touchpad juga masih dengan tombol terpisah dan nggak ikut2an trend touchpad nyatu ala2 Makbuk. Goodjob MSI!

Fitur tambahan dari laptop ini? Ada MSI Cooler Boost. Jadi kalau pas ngegame dan render bisa dinyalain biar suhu bisa stabil dibawah 50 derajat celcius

Untuk ketahanan batterai belum ane tes tapi perkiraan bisa tahan hingga 3,5 jam lebih pemakaian wajar dan nggak ngegame dan render (menurut notebookcheck.net). Nanti klu suatu saat ane pergi2 pakai KA ane test

Oke, ini dia +/-nya

+: Ringan, spek gahar, layar oke, Keyboard muaknyussssss, Ada cooler boost, touchpad misah
-: Material tipis, Fingerprint magnet banget

Sekian dari review Taksaka GP, eh MSI GP62M ane, mungkin kalau ada tambahan bakalan ane update review ini....... :)

Komentar

Postingan Populer