Summer School Bremen 2019: RegionalExpress Bremen-Osnabruck dan InterCity Osnabruck-Amsterdam (Plus Tips and Trick Jalan2 pakai KA di Eropa)

Ketemu lagi dengan mimin...... Kali ini mimin mau cerita nih pengalaman naik KA selama di Jerman..... Untuk mengawali agenda joyride Eropa kali ini, mimin mau nyobain salah satu KA Internasional yang masih ditarik lok, yaitu InterCity dari Osnabruck menuju Amsterdam

Langsung aja dan sebelum itu, mimin kasih tips nih kalau mau jalan2 sepuasnya di Eropa......


  1. Kalau mau ngirit biaya, belilah Eurail Pass. Mimin bukannya promosi ya, tapi biaya yang dikeluarkan JAUH lebih murah dibanding tiket ketengan PP (Ini berlaku buat yang kepingin travelling naik KA lebih atau sama dengan 3 hari). Untuk detailnya bisa dilihat disini: https://eurobytrain.com/index.php?cat=promo_pass&ext=detail_promo. Perbandingannya, sekali jalan ICE Kelas 1 dari Bremen hingga Munich (Transit di Hannover) adalah EUR 198. Sedangkan Eurail Pass Kelas 1 7 Hari Global Flexi, itu seharga EUR 343. Lebih irit pakai Eurail Pass kan? Bisa jalan2 sepuasnya juga pula (Hanya keluar biasa reservasi kursi jika menginginkan atau jalan2 ke negara yang wajib reservasi kursi seperti Perancis)
  2. Sesuaikan rencana supaya jadwal tidak berantakkan. Oh iya, KA di Eropa rata2 ketepatan waktunya terjamin (Jika ada masalah pasti disampaikan secara apa adanya alias tidak ditutup2i) (Untuk bagian ini, akan mimin ulas pada saat bagian Munich)
  3. Wajib reservasi kursi jika mau jalan2 dengan kelas 2 dan diwaktu2 ramai seperti Summer ini. Jika Kelas 1 tidak perlu (Kalau mau lebih aman silahkan) karena biasanya cukup sepi dan jarang ada yang naik (Karena tiketnya gila abis, tapi terbayarkan dengan kenyamanannya). Untungnya, disetiap kursi di kereta Jerman ini ada display kursi itu bakalan keisi di rute mana (Semisal: Mimin naik KA jurusan Hamburg-Altona - Munich ya, terus di display LED diatas kursi tertulis Hannover-Nuremberg. Berati, kursi itu bakalan keisi dari Hannover sampai Nuremberg, dan kosong mulai Hamburg-Altona hingga Hannover dan Nuremberg-Munich)
  4. Lebih baik reservasi di Jerman jika memungkinkan, karena biaya reservasinya lebih murah (Di Indo EUR 10, di Jerman EUR 6)
Itu aja dari mimin, sekarang langsung saja ke inti ceritanya.....

Pagi itu, mimin langsung bangun, mandi, dan langsung menuju stasiun tram terdekat untuk menuju ke Hauptbahnhof (Atau Stasiun Central/Utama). Pagi itu ya sepi lah....



Dan, tidak lama kemudian mimin tiba di Stasiun dan langsung naik ke peron dan spotting dulu. Ada S Bahn (Kalau di DAOP 8, ibaratnya ini Komuter Susi). Oh iya, disini mau naik KA simpel ya.... Cukup datang, bawa tiket, lalu silahkan naik ke peron (Tidak ada boarding pass, check ID, dll). Namun meskipun naik KA disini lebih simpel dibanding di Indo, jangan coba2 sampai ngambing ya..... (Ketahuan ngambing bisa berabe, bisa diturunin atau di denda ratusan/ribuan Euro kalau gak salah. Karena tiket pasti dicek oleh kondektur)




Ada Regional Express tujuan Hannover Hbf (Ibaratnya kalau di DAOP 8 ini seperti Penataran/Dhoho)


Peron disini.....


Datangan dari Osnabruck



Tidak lama kemudian, kereta mimin datang....


Interiornya, ini yang kelas 2


Dan ini yang kelas 1 (Tapi hanya untuk yang reservasi saja)


Tidak lama kemudian, pukul 06:05, KA berangkat dari Bremen menuju Osnabruck, Karena kereta ini terdapat Wifi gratis, makanya langsung deh mimin muter ini..... 😂😂😂😂😂


Dan berhenti di salah satu stasiun (Mimin lupa ini stasiun apa, tapi RE ini lumayan banyak berhentinya)


Dan ini dia pemandangan sepanjang jalan




Tidak lama kemudian, tiba di Stasiun Diepholz dan bersilang dengan angkutan barang membawa mobil (VW Caravelle)




Tidak lama kemudian, KA tiba di stasiun Osnabrück, disini mimin langsung turun dan ganti KA yang menuju Amsterdam. Dan tidak lama kemudian datanglah KA yang akan membawa mimin menuju Amsterdam. Yang narik kali ini Puong CC 206 SDT DB class 101 (DB 101 088-3)


Ini dia interior dari KA yang mimin naikin, untuk kelas 1 nya kompartmen semuaaaaa.......




Display reservasi yang dimaksud mimin


Fasilitas didalam kompartmen, ada pengatur suhu individual dan bekerja dengan sangat baik


Lampu kompartmen dan Volume Speaker yang bisa diatur individual


Pintu yang bisa ditutup


Dan semuanya berfungsi normal termasuk lampu bacanya



Interior kompartmen


Untuk kursi sendiri cukup nyaman dan tentunya bisa direclining dan dudukannya bisa dimaju mundurin jadi bisa lebih nyaman. Meskipun kerasnya agak mirip sama K1 18 tapi karena bahannya ini kulit asli jadinya masih lebih nyaman ini..... Untuk guncangan okelah..... hampir mirip sama Argo Bromo Anggrek Pink tapi masih lebih halus ini sedikit dibanding K9 ABA Pink. Oh iya, tidak ada TV dan Wifi ya untuk kali ini.......

Pemandangan disekitar Jerman....








Mimin iseng jalan-jalan dan ini dia interior Kelas 2 nya


Pintunya full otomatis pneumatic


Panel listriknya


Restorasinya.....



Mimin disini beli cokelat panas (Gara2 Osnabruck saat itu 12 derajat celcius) -_-


Tidak lama kemudian, KA tiba di Stasiun Bad-Benthleim dan semua kelistrikan (kecuali lampu) dimatikan karena ada pergantian lokomotif dari lokomotif DB ke lokomotif NS (Dan juga pergantian crew) (Kemungkinan besar untuk pembangkit terdapat di Lokomotif karena lokomotifnya sendiri ada pantograf LAAnya)


Pergantian berlangsung 15 menit dan super halus (Tidak ada hentakkan pada saat lokomotif NS dirangkai ke rangkaian). Dan tidak lama kemudian, AC dan kelistrikan menyala lagi dan KA berangkat dan Selamat Datang di Belanda..... Oh iya, untuk tiket diperiksa 2x (Selepas Osnabruck dan selepas Bad Benthleim. Untuk selepas Bad Benthleim diperiksa juga paspornya (tapi tidak dicap karena masih sesama negara Schengen, ala2 cek KTP di counter boarding pass KAI), kemungkinan sih buat nyocokin wajah penumpang aja, jadi paspor WAJIB tetap dibawa ya.....)

Lok yang membawa mimin dari Osnabruck hindda Bad Benthleim



Dan ini dia pemandangan disektaran Belanda









Dan sudah memasuki salah satu kota di Belanda





Ada lok DB disitu (Tapi kode negaranya NL, bukan D. Alias milik Belanda)


Pemandangan lagi.....




Tidak lama kemudian, KA tiba di Stasiun Deventer. Familiar dengan kata2nya?


Dan ini dia stasiunnya....


Disusul Intercity milik NS





Platnamenya Stasiunnya.... NS banget


Tidak lama kemudian, KA berangkat dari Stasiun Deventer





Pemandangan lagi.....







Tidak lama kemudian, KA tiba di Stasiun Solo Balapan Apeldoorn. Mirip Solo Balapan ya? 😂😂😂



Tidak lama kemudian, KA berangkat lagi..... PJL di Apeldoorn


Memasukki suatu stasiun dan menikung......






Ketemu beberapa sarana NS









Dan.... Inspeksi toilet.... Toiletnya bersih dan kering



Backride.....


Pintu dan PIDS



Tidak lama kemudian, KA tiba di stasiun Amsterdam Centraal. Seperti ini stasiunnya



Ada KA Thalys disamping (Dan ini punya Perancis karena kode negaranya F)


Dan ini dia suasana stasiun Amsterdam Centraal







Dan Finally mimin menginjakkan kaki di Amsterdam....




Itu aja pengalaman pertama mimin naik KA Lintas Negara. Kesimpulannya adalah keretanya cukup nyaman..... Hanya saja karena bukan ICE jadi kecepatannya tidak secepat ICE (Dan masuk Belanda juga cenderung lebih pelan dibanding pada saat masih di Jerman)

Kenyamanan, pelayanan, dll okelah.......

Itu aja dari mimin, sampai bertemu di postingan selanjutnya... :)

Komentar

Postingan Populer