König vs Königin von Javanisch Inseln Bahn? (Part 1 : KA Argo Bromo Anggrek SBI-CN + Flashback)

Malam semua....... bagaimana kabarnya hari ini semua? Kalau baik-baik aja ya alhamdulilah....

Oke.... malam ini seperti biasa... kali ini ane mau ceritain tentang kegiatan ane pas liburan, yaitu Keliling Jawa full by Kereta Api......

Untuk kali ini, perjalanan diawali oleh KA Argo Bromo Anggrek jurusan Surabaya Pasar Turi - Cirebon..... Terakhir naik sih Juni 2005 dan penasaran banget sama ABA jaman sekarang.... Gimana pengalamannya naik ABA masa kini? Sebelum itu kita flashback dulu ya ke tahun 2005....... Tapi no picture yaaaaaaa

Juni 2005 :
Malam itu, sekitaran jam 18.30, setelah nitipin mobil di rumah bude ane di daerah Araya (karena mobil ane pas itu kebetulan mau dipake pakde ke Malang), kita langsung berangkat menuju Stasiun Pasar Turi menggunakan taksi Zebra (klu gak salah. Mobilnya juga klu gak salah Hyundai Excel/Accent versi taksi) (FYI : Taksi Zebra dulunya pemain lama dan penguasa daerah Surabaya ini, entah sekarang namanya jarang terdengar lagi gara-gara taksi BB semakin berkuasa)

Karena lancar (karena dulu jarang banget mobil ya. Avanza/Xenia aja masih belum banyak karena baru lahir) jadinya sebentar saja sudah sampai Stasiun Pasar Turi. Lupa full route ABA jaman itu berapa (sekitar 300rban klu gak salah) dan langsung masuk peron (lupa dulu yang punya tiket bayar masuk peron gak ya? RF Sepuh please koreksi klu ada yg salah)


Pukul 19.30 KA datang dan..... WOW.... masuk kedalamnya pintunya auto (masih normal), interior masih kinclong (diketahui itu K1 20019xx SBI dilihat dari peletakan tombol pintu pneumatic yang menempel di dinding. Sedangkan K1 979xx di pintunya menggantikan posisi gagang. Thanks to Muhammad Fathy yang ngasih perbedaannya). Kursi pakai moquette tosca empuk sekali dan juga tersedia legrest (Footrest ane lupa bentuknya kyk gimana). Andaikan standar K1 sekarang dibuat gini. Lampu juga redup dan tersedia 4 TV di dalam K1, 2 di depan dan belakang dan 2 ditengah kecil. Mereknya klu gak salah Sony semua. PIDS masih berfungsi normal


Pukul 20.00 KA berangkat dan langsung ngebut...... Guncangan? SANGAT SANGAT NYAMAN DAN TIDAK TERASA APAPUN!!! Bahkan air full aja bisa gak tumpah. Meja? Jelas ada....... Untuk entertaiment dulu lebih bervariasi. Operatornya jelas KATV (tapi namanya dulu K4TV. Masih cuma ABA, Muria, Bima, Kamandanu yg muterin). Baru berangkat diputerin lagu-lagu 90an terus setelah itu Variety show dan Info wisata dan baru sekitaran jam 9an malam baru diputar Film setelah itu TV mati sampai Bekasi


Tidak lama kemudian tiket dicek dan juga dibagikan makan. Karena menunya kebetulan ane tidak suka (Klu gak salah Ayam Bumbu Rujak dan takut banget makan pedas, karena ane kebetulan pas saat itu masih baru naik ke Kelas 2 SD) jadi menu ane dituker sama menu yang beli dr restorasi. Ditukerin Nasi Goreng dan tau2 keluarnya Nasi Goreng Udang. Rasa? MAKNYUSSSSSSSSS SEKALIIIIIIII (Jaman itu Nasgor masih dimasak fresh dan porsinya masih super banyak)


Setelah makan langsung tarik selimut dan langsung full recline..... dan zzzzzzzzzzzz....... (dari sekitaran Lamongan-Bojonegoro-Cepu pokoknya)


Sempet kebangun didaerah Haurgeulis entah kenapa terus tertidur lagi hingga akhirnya bangun2 sudah nyampe Bekasi. Di daerah Bekasi TV dinyalain lagi dan diputerin kartun. Diputerin Tom & Jerry kalau gak salah sampe GMR (Jaman dulu belum ada Si Jengki. Entah kartun Si Jengki mulai tahun berapa di KATV). Crew juga sigap nawarin Sarapan Pagi tambahan (dengan bayar) meskipun sudah diberi teh hangat disetiap kursi


Tepat pukul 06.00 KA touchdown GMR terus langsung turun karena sudah ditunggu bude di dekat tangga keluar dari Peron dan langsung meluncur ke rumah bude di daerah Pulomas


Flashback selesai dan kita kembali ke tahun 2017 lagi..... Kira2 gimana ya rasanya naik ABA masa kini? Kita lihat aja nanti!

Pukul 06.00 berangkat dari rumah (karena takut macet) dan karena dapet taksi BB yang mobilnya gress dan sopirnya lumayan ngebut akhirnya pukul 06.30 tiba di SBI dan langsung OTW beli konsumsi dulu (untuk menghindar nasi keabadiannya resek 😀) di Circle K tapi ternyata gak ada yg praktis...... 😔

Abis beli konsumsi langsung deh OTW ke ruang tunggu, tapi karena belum dibuka yaudah deh nunggu dulu.....


Sebentar saja pada akhirnya bisa masuk Ruang tunggu, Impresi? WOW, lebih bagus dibanding SGU punya


Sebentar saja begitu rangkaian KA 1 ditarik masuk peron langsung panggilan masuk KA....... di sekitaran peron :


Dan yang ditunggu2 datang juga............ Sang raja dari utara atau bisa dibilang Rajanya Pulau Jawa (Dari cluenya udah ketahuan, Sengaja pasang Bahasa Jerman biar nebak2 dulu kira2 naik KA Apa....)


Oh iya, ini detail perjalanannya :
KA : Argo Bromo Anggrek
Rute : Surabaya Pasarturi (SBI) – Cirebon (CN)
No KA : 5
Kelas : Eksekutif Argo
ETD : 08:00
ATD : 08:00
ETA : 14:16
ATA : 14:20 (+4) (Detail ada dibawah)

Akhirnya yang ditunggu-tunggu...... Dan dapetnya di K1 20019xx again....... Tapi kali ini udah dirombak total abis terus sudah pakai nomor baru, yaitu K1 0 01 13 SBI. K1 ini direhab ulang INKA tahun 2016 termasuk bogie bolsterless air suspension berjenis K9nya itu biar gak anjlok mulu


Seatpitch oh jelas...... Seatpitch ABA emang paling juara.... Makanya ditiru di K1 mulai buatan 2016......


Pukul 08.00 akhirnya KA ini berangkat, dan langsung saja di speedo GPS kecepatannya gila kayak angin.... Getaran? Dibanding era 2005 yang ini lebih bergetar dan lebih berisik sih, tapi dibanding Bima K1 2016 dan K1 bogie K5 n K8 lainnya yang beredar di Pulau Jawa, getaran KA ini lebih mantap alias tidak terasa apapun dan masih ada rasa fly-like alias serasa terbang..... (Note : Pada jaman 2005 K1 Argo Anggrek masih terpasang karpet, selain biar mewah juga bisa meredam suara dari bogie)


Guncangan :




Suasana pas udah diperjalanan.....



Makan pagi dulu yaaaaaa........ This breakfast is sponsored by Solaria 😃


Kita kasih penilaian dulu.........

Harga : Rp.30.000
Rasa : 4.5/5 (Terbilang enak klu buat KA jaman sekarang. Sayang pelit lauk. Koreksi buat solaria supaya dikasih apa gitu.... atau masukkin Nasi Goreng Seafoodnya atau Mie Gorengnya)
Penampilan : 3/5 (Standar)
Porsi : 5/5 (Very Generous, Thanks Solaria)

Buat yang kepingin tau rasanya kayak gimana coba ke Solaria yang di mall2/restonya gitu terus beli Nasi Goreng Seafoodnya. Rasanya ya kyk Nasi Goreng Seafoodnya cuma crabstick, udang, cumi, dll (yang berbau seafood) dihilangkan (Entah yg nasgor ayamnya yg di retailnya kyk gini juga apa gimana)


Setelah itu langsung deh.... jalan2 time..... Kita jelajah interiornya yaaaaa


Exe 9 K1 0 01 14, yang ini rehab (RH) 2015




Halo, ada yang menarik disini....


Yap, kursi Anggrek lama. Gak habis pikir kenapa KAI gak nerusin pakai kursi yang tipenya kayak gini padahal nyaman dan tingginya pas bagi orang2 yang berpostur 170cm keatas. Isunya sih gak ada mejanya tapi ternyataaaaaaaaaaa..........


ADA KAWAN-KAWAN..............

Oke, jalan2 berlanjut yaa........

Exe 8 K1 0 97 10, RH 2015 juga


Toiletnya K1 0 97 10, Lumayan bersih. Please Balai Yasa Gubeng jangan diutik2 toiletnya...............





Dan baru tau why kok disunati mulu tempat sabun itu. Rupanya tidak tahan getaran..... Lain kali klu buat tempat sabun biar gak mbenerin 2x mending langsung pakai yang ditempel tembok


Exe 7 K1 0 01 25. Ex livery Go Green tapi sudah auto sudah all tersunat. First, kita lihat toiletnya. LOOK THAT TOILET! THAT TOILET INTERIOR RECENTLY RUINED BY BALAI YASA GUBENG!!!!!!!!! SGUUUUUUU 😠 Toilet ngapain ikut2an dirusak juga sih......... Ngapain washtafel signature K1 K9 diganti ala K1 jadul under 90an dan dinding diganti stanless semuaaaaaaaaaaaaa 😠





Setidaknya masih pakai mekanisme geser. Harusnya biar gak makan tempat dibuat mekanisme geser juga yang RH 2015-2016

Interior K1nya, all ruined


Sisa2 kejayanan pintu auto. Rupanya pintu autonya udah kena sunat pas masih GG (atau sebelumnya) jadi pintu auto konvensional, bukan pneumatic


Seatpitch OKE!


Suasana didalam



Exe 6 K1 0 01 13, RH 2016. Kita lihat toiletnya dulu. Identik lah sama yang RH 2015



Interiornya


Exe 5 K1 0 01 15. RH 2015


PIDS yang agak2 konslet. Always mati nyala mati nyala



Kereta makannya...... M1 0 01 02. RH 2015. Rupanya M1 Anggrek ini akhirnya jadi standar semua M1 INKA mulai 2016.... Goodjob lah rangkaian 2016 up kereta makannya ada nuansa anggrek2nya klu diliat dr layoutnya. Pintu luar sudah berubah dari geser jadi berengsel membuka kedalam




Crew restnya kelihatan so comfy


Duduk didalam KM....


Exe 4, K1 0 01 22. RH 2015


Exe 3, K1 0 97 04. RH 2015


Exe 2. K1 0 97 20. Ex livery Go Green dan sudah tersunat semua autonya


Exe 1, K1 0 01 23. RH 2016


Apa sih bedanya RH 2015 dan 2016? Bedanya kalau RH 2015 kursinya. Klu RH 2015 rangka busanya masih pakai ala2 K1 Argo standar buatan 96, 98, 2002, 2008-2010. Tapi sandaran dan tempat meja lipat sudah pakai model terbaru bermotif kayu, dudukannya agak keras klu dibanding yang 2016 dan juga single seat pakai kursi Anggrek lama. TV tengah ada cuma bentuknya lipat dan juga minus footrest

Kalau RH 2016 kursinya sudah pakai model terbaru full (Pasti familiar sama kursinya Argo Lawu, Argo Dwipangga, Bima, Sembrani, Argo Muria baru, Gajayana baru). Busa lebih tebal dan lebih empuk, dan juga TV tengah non lipat. Lebih efektif pakai yang non lipat sih unless TV tengahnya pakai yang dilipat pakai motor ala2 Alphard/Vellfire tapi entahlah bisa2 disunat lagi sama SGU

Duduk dulu menikmati Old Anggrek di exe 2


Kembali ke kursi langsung daripada lihat KATV yang sekarang mbosenin, langsung buka laptop dan disambut Twenty One Pilots...


Dan karena bosan, langsung deh keluarin senjata pamungkas kerjain soal2 pemrograman dari SPOJ 😊


Dan tidak jadi gara2 fokus ngefotoin prami.... 😎




Langsung dilanjut oleh my favourite TV Shows, Tetangga Masa Gitu!


Pemandangan....





Suasana cabin again....


Dilanjut oleh film Diary of the Wimpy Kid - Rodrick Rules. Ini pas scene Rodrick sama Greg mbersiin rumah gara2 abis pesta dan takut ketahuan ortunya 😄



Tidak lama kemudian KA 1 tiba di Semarang Tawang......




Tidak lama kemudian KA berangkat lagi dan.... menyusuri pantaiiiiiiiiii Ini dia videonya............ Lagu by Jingle Punks - Dub Spirit (Youtube Free Audio Library)



Lepas Semarang langsung cussssssssssssssssss


Suasana Pinggir Pantai.....





Sambil minum teh hangat jadi lebih nikmat........



Tidak lama kemudian scene pantai berakhir dan tiba di Pekalongan.... Lampu sengaja dimatiin mulai Semarang


Pemandangan yang hijau n asri....



Lumayan juga Anggrek sambil lampunya off..........



Kecepatan ABA di petak SMT-PK-TG selalu stabil 100km/h


Dan mulai deh keanehan dari K9 ini terjadi selepas tegal........ Mulai kayak agak goyang parah selepas Tegal (kayak ngerem2 bolak balik terus bergetar parah). Jadi KA gak bisa kencang2 dan petak Tegal-Cirebon semula 100 km/h dipelanin jadi 70km/h terus naik lagi 80km/h. Alhasil Anggrek masuk Cirebonnya telat deh............ (Entah gara2 masinisnya kurang smooth buat nurunin kecepatan atau gimanalah....). Pada akhirnya pukul 14.20 KA 1 tiba di Cirebon dan ane turun disini....

Thanks for the Comfortable ride Argo Bromo Anggrek!


Suasana parkiran CN. Looks banyak yang berubah banget.... Dari sini udah dijemput dr pihak hotel dan langsung diantar......


Langsung masuk ke penilaian dulu yaaaa........... Langsung duel antara ABA 2005 vs ABA 2017

ABA 2005 :
AC : 5/5 (BRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR)
Kursi : 5/5 (So Perfect)
Entertaiment : 4.5/5 (Bermacam-macam)
Speaker : 4.5/5 (Banter dan no sayup2)
Kebersihan : 5/5 (Sangat bersih dan karpetnya kalau gak salah masih terhitung bersih)
Kondisi : 4.5/5 (Bersih banget (termasuk karpetnya), pneumatic doors full swing, kursi legrest masih terhitung baik lah, TV Sony (klu gak salah) joss, speaker joss, Kursi SUPERB, Pelayanan juga so perfect)
Nilai : 4,75/5
Kategori : PERFECT!!!!

ABA 2017 :
AC : 4.5/5 (Standar)
Kursi : 5/5 (Kursi kulit paling perfect cuma ciri khas kursi ABA yang berlegrest dan headrest sudah hilang. Tapi gpp lah dan berharap balik lagi aja)
Entertaiment : 3/5 (Fine lah)
Speaker : 2.5/5 (Speaker pelan, hanya keras di announcement)
Kebersihan : 4.5/5 (Very clean.......)
Kondisi : 4.5/5 (Bersih, guncangan masih smooth, tapi sayang TKA tidak tanggap masalah TV yang mati dari Bojonegoro hingga Cirebon ini. Tapi masih oke lah.... Sayang pintu auto sudah hilang.....)
Nilai : 4/5
Kategori : Very Good

Jadi klu ditanya orang-orang mending kondisi KA Argo jaman dulu apa jaman sekarang? Terus terang bilang mendingan pas jaman golden eras..... (1995-2007), terus kedua jaman peralihan (2007-2013). Selebihnya jangan harap banyak lah.... Berharap PT KAI ngebalikin lagi kejayaan KA Argo lagi dengan standarisasi seperti kursi anggrek jadul berlegrest, lampu diredupin, pintu full auto, dan juga karpet (tapi tahan api)


Komentar

Postingan Populer